Home » » Menggunakan Nama Domain pada localhost XAMPP

Menggunakan Nama Domain pada localhost XAMPP


Sebenarnya kita bisa lho, melakukan setting agar kita bisa memanggil halaman web di XAMPP menggunakan nama domain tertentu. Pada umumnya kita menggunakan alamat http://localhost pada saat memanggil sebuah halaman web yang kita buat di XAMPP.
Berikut ini contoh kasusnya:
“Jika kita memiliki sebuah halaman web yang kita letakkan di folder ../xampp/htdocs/domainsaya, maka kita umumnya memanggil halaman web tersebut dengan mengetikkan http://localhost/prothelon. Nah, pada kasus kali ini, kita akan coba memanggil halaman yang sama dengan mengetikkan http://domainsaya.com”
Untuk melakukan hal tersebut sangat mudah, dan kita hanya perlu mengedit 2 file saja. Dalam kasus ini saya menggunakan WINDOWS 7.
File-file yang perlu diubah adalah file yang ada di c://Windows/System32/drivers/etc/hosts dan c://Program Files(x86)/xampp/apache/conf/extra/httpd-vhosts.conf.
Berikut ini langkah-langkahnya.
  • Buka Notepad dengan mode Administrator, dengan cara klik Start – All Programs – Accessories – Notepad (catatan penting, untuk membuka Notepad klik kiri pada icon Notepadnya kemudian pilih Run As Administrator).
  • Setelah Notepad terbuka, silakan buka file hosts pada folder yang sudah saya sampaikan di atas. Klik open, arahkan ke folder tempat file berada dan ubah jenis file di sebelah kanan bawah dari Text Documents (.txt) menjadi All Files untuk memunculkan file hosts.
  • Tambahkan baris ini di bagian paling bawah:
127.0.0.1 domainsaya.com
Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.
  • Baris tersebut gunanya untuk melakukan bypass proses konversi domain ke alamat IP. Dengan kata lain, alamat prothelon.com akan dikonversikan menjadi alamat IP 127.0.0.1 khusus dari komputer kita saja.
  • Kemudian simpan file tresebut.
  • Berikutnya kita akan memlakukan setting virtual host pada Apache XAMPP dengan cara melakukan edit file httpd-vhosts.conf.
  • Tambahkan baris-baris berikut di baris paling bawah:
<VirtualHost *:80>
ServerName www.domainsaya.com
ServerAlias domainsaya.com
DocumentRoot ../../xampp/htdocs/domainsaya
</VirtualHost>
  • Kemudian simpan.
Ane kutip Dari 
http://prothelon.com/belajar/cara-membuat-website/menggunakan-nama-domain-pada-localhost-xampp
Thanks for reading Menggunakan Nama Domain pada localhost XAMPP

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment